Cara Paling Mudah Membuat Logo Favicon dan Banner untuk Judul dan Keterangan Blog

Logo dan Banner yang ada pada blog sangat berperan penting dalam mempresentasikan gambaran, jati diri dan tujuan dari sebuah blog. Blog dengan Logo dan Banner yang menarik tentunya akan menjadi perhatian para pengunjung, dan menambah nilai keindahan dari tampilan blog sobat. Ternyata masih banyak beberapa orang yang berpikir bahwa untuk menciptakan atau membuat sebuah logo dan banner blog itu susah dan ribet, seperti saya. Dulu, saya beranggapan demikian, saya pikir untuk membuat logo dan banner blog yang bagus diperlukan juga sarana penunjang yang memadai, seperti software edit foto. Beberapa software yang direkomendasikan adalah Adobe Photosop, dan Corel Draw. Jujur, ketika dulu saya belajar kedua software edit foto tersebut, saya tidak pernah bisa menguasai keduanya, meskipun berbagai macam tutorial baik dari artikel maupun video yang beribu macam banyaknya di mbah Google, tetap saja tidak membuat saya bisa mengedit foto menggunakan kedua software itu. Mungkin karena saya terlalu malas untuk belajar, hehe. 


Akhirnya saya menemukan sebuah website yang memiliki layanan editing foto secara online dan gratis (kecuali premium member), hanya melalui web/ browser. Website itu adalah Picmonkey. Terdapat banyak fitur yang di miliki Picmonkey untuk melakukan editing foto secara simpel dan sederhana, yah meskipun fiturnya tidak se kompleks software editing foto profesional semacam Corel Draw dan Adobe Photosop, namun cukuplah bagi saya menggunakan bermacam fitur sederhana yang disediakan Picmonkey. Picmonkey juga sangat cocok bagi sobat yang tidak begitu menguasai Corel Draw maupun Adobe Photosop seperti saya, sebab pengaplikasian Picmonkey sangat mudah sekali lo sob. Sampe ada yang bilang kalau Picmonkey adalah Adobe Photosopnya orang miskin, wkwkw ada-ada aja mungkin miskin ilmu kale ya yang dimaksud?. Umm, sobat bisa membaca artikel saya ini  Picmonkey Website Penyedia Layanan Edit Foto Online Terbaik, untuk mengetahui bermacam fitur dan keunggulan dari Picmonkey. 

Sekilas Tentang Picmonkey
Picmonkey adalah sebuah layanan editing foto secara Online yang berlokasi di Seattle, Washington. Didirikan pada bulan April 2012 oleh dua orang mantan Perancang Picnic yang dimiliki oleh Google yang ternyata juga merupakan website layanan editing foto secara online seperti Picmonkey. Kedua orang tersebut adalah Brian Terry, dan Justin Huff. Karena keduanya mengetahui rencana Google yang akan menutup layanan Picnic di tahun 2012, Terry dan Huff meninggalkan Google untuk membuat Picmonkey yang "Lebih Efisien dan kaya Fitur". Picmonkey juga diciptakan dengan bantuan dari beberapa mantan Picnic, yaitu Jonathan Sposato, Lisa Conquergood, dan Charlie Whiton

Picmonkey memakai strategi bisnis Freemium. Freemium sendiri adalah strategi pemasaran harga, biasanya diterapkan pada software, games, media, dan layanan online. Pengguna bisa mencoba produk tersebut secara gratis, namun jika ingin memiliki lebih banyak fitur yang up to date, pengguna diharuskan membayar produk itu, sesuai dengan berapa lama si pengguna tersebut akan berlangganan, semakin lama jangka waktunya, maka semakin banyak juga yang harus di bayarkan, pada Picmonkey disebut dengan "Premium User", dan fitur berbayar tersebut dikategorikan sebagai "Royale". Layanan Picmonkey berbasis Cloud, membolehkan pengguna mengunggah file gambar dari komputernya, seperti layanan Facebook, Flickr, dan Dropbox. Pengguna juga bisa langsung berbagi foto yang telah mereka edit menggunakan Picmonkey ke berbagai jejaring sosial semacam Facebook, Twitter, Flickr, Pinterest, Dropbox, dan Tumblr. 

Picmonkey juga dapat di integrasikan ke dalam sebuah website profesional sebagai fitur fotografi website tersebut, beberapa partner yang menggunakannya adalah Facebook, Muzy.com, dan SmugMug. Picmonkey juga pernah mendapatkan penghargaan, diantaranya adalah dinobatkan sebagai TOP 100 website populer pada tahun 2013 oleh PC Magazine, Layanan Hosting Terbaik April Fools Pranks oleh Majalah TIME, dan juga dinobatkan sebagai salah satu layanan online yang sangat murah dan terjangkau dalam bisnis Startups, umh pantes aja disebut Photosopnya orang miskin. Hehehe. 

Bagaimana Cara Membuat Logo dan Favicon,  menggunakan Picmonkey?
Jangan membayangkan hal yang rumit-rumit yah sob, sebab untuk membuat sebuah logo blog dan favicon menggunakan Picmonkey ini sangat mudah sekali lo. Sebelumnya saya akan membahas pengertian tentang apa itu logo dan favicon. Logo merupakan suatu gambar, atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan tentunya blog kita sendiri, yang bertujuan agar mudah di ingat dan sebagai pengganti dari nama yang sebenarnya. Kalau bisa sih logo harus memiliki filosofi sob. 

Favicon adalah icon atau gambar utama yang muncul pada tab alamat address bar suatu website atau blog dan juga merupakan logo dari website atau blog tersebut, juga di kenal sebagai shortcut icon, website icon, URL icon, atau Bookmark Icon. Jadi, antara logo dan favicon itu saling terkait.

1. Membuat Logo Favicon Memakai Background Berwarna
Untuk membuat logo atau favicon yang sederhana menggunakan Picmonkey caranya sangat mudah, semisal nih jika sobat ingin membuat logo dengan latar belakang berwarna atau memakai background, sobat tinggal langsung aja menuju ke website Picmonkey.


Jika sobat menginginkan desain logo favicon yang background tiap sudutnya tumpul atau bahkan menginginkan background berbentuk bulat, maka pada lembar kerja/ blank canvas Picmonkey harus transparan, agar sudutnya bisa kelihatan pada saat logo favicon tersebut terpasang di blog kita. 


Setelah sobat klik Apply, maka canvas yang tadinya putih akan berubah menjadi kotak-kotak kecil, itu berarti lembar kerja canvas kita sudah transparan, dan siap memulai projek membuat logo favicon. Sekarang kita memulai membuat objek backgroundnya.


Sesuaikan warna Outline, dan warna yang ada di dalam objek backgroundnya. Jika sobat menginginkan background warna yang sama tanpa adanya outline, tinggal samakan saja warna outline dan warna yang didalem background nya. Selanjutnya masuk ke proses menambahkan Huruf atau objek foto yang akan di jadikan sebagai logo favicon. Sobat bisa memakai font yang tersedia pada komputer sobat, ataupun mendownload gambar yang berformat .PNG sebagai overlays dari objek background kita.


Gambar diatas saya contohkan apabila sobat memakai gambar berformat .PNG sebagai gambar utama logo favicon sobat. Untuk mendapatkan bermacam gambar berformat .PNG, sobat bisa mencarinya di Google dengan kata kunci seperti "Gundam Logo .PNG", kata gundam bisa sobat ganti dengan kata kunci gambar .PNG yang sobat inginkan. Selanjutnya pada lembar kerja Picmonkey sobat yang telah ditambahkan gambar .PNG seperti contoh gambar saya diatas, atur posisi gambar .PNG tersebut sampai pas dengan background sobat.


Sedangkan pada gambar diatas apabila sobat menginginkan jenis Font untuk dijadikan logo favicon blog sobat, sobat tingggal klik "Text/ Tt" > pilih "Ours" jika sobat ingin memakai jenis font yang disediakan oleh Picmonkey, pilih "Yours" jika sobat ingin menggunakan stock font yang ada di komputer sobat, lalu "Add Text" untuk memulai pengeditan font yang akan dijadikan logo favicon blog sobat. Atur besar kecilnya huruf, sesuaikan dengan ukuran backgroundnya, jika sobat menginginkan karakter huruf dengan warna yang berbeda, tinggal klik lagi "Add Text" lalu posisikan kembali letaknya dengan karakter huruf lainnya, sesuaikan warna font nya dengan menggunakan menu "Text" yang ada pada sebelah kanan lembar kerja.


Setelah posisi teks font nya selesai di atur, sekarang sobat tinggal memotong bagian lembar kerja transparan yang tidak terpakai menggunakan fitur "Crop" pada Picmonkey, hal ini dimaksudkan agar ukuran file dari logo favicon sobat sesuai dengan standar yang telah di tetapkan oleh blogger, yaitu berbentuk "square" atau kotak persegi. Pada gambar logo favicon diatas, saya contohkan dengan resolusi 550x550, ukuran resolusi sobat tidak harus sama kok dengan saya, yang penting resolusi keduanya berbentuk kotak persegi dengan ukuran resolusi yang sama.  


Klik "Save" untuk menyimpan logo favicon sobat, isikan "File Name" dengan nama blog sobat, di sebelah kanannya pilih yang format .PNG, cek kembali resolusinya apakah sudah benar ukurannya. Terakhir klik "Save to my computer". Oiya, untuk ukuran file nya harus kurang dari 100kb ya sob, lebih dari itu gambarnya tidak akan bisa dijadikan favicon, sobat bisa memakai program Microsoft Office Picture Manager untuk meng compress ukuran gambar favicon tersebut.

2. Membuat Logo Favicon dengan Background Transparan
Apabila sobat sudah memahami dan mencoba langkah-langkah membuat logo favicon memakai background berwarna seperti cara diatas, maka pada poin ini sebenarnya prosesnya sama, cuma yang membedakannya adalah tidak memakai background berwarna, alias transparan. Sebagai contohnya seperti gambar dibawah ini: 


Bagaimana Cara Membuat Banner untuk Blog menggunakan Picmonkey?
Banner Blog adalah gambar yang menampilkan logo atau Judul dari sebuah blog, bisa juga digunakan sebagai media untuk melakukan promosi. Namun pada artikel kali ini, saya hanya akan membahas tentang bagaimana cara membuat banner untuk Judul dan Keterangan Blog. Sama halnya dengan logo favicon, banner pun harus dibuat semenarik dan sekeren mungkin agar image blog kita bagus di mata pengunjung. Desainnya harus sederhana, simpel, bersih, tidak alay, dan enak dipandang mata tentunya hehe. Cara membuatnya sangat-sangatlah mudah, seperti halnya membuat logo favicon. Disini saya kembali memakai jasa website penyedia layanan foto online Picmonkey. Ok, langsung saja simak yuk langkah-langkahnya.

Buka website Picmonkey, pada beranda pilih "Design" > pilih ukuran lembar kerja yang "Custom" kemudian tentukan resolusi sesuai dengan ukuran widget header blog sobat, sebagai contoh saya memakai resolusi 272x60 pixels > klik "Make it!!"


Mengapa saya menyarankan agar resolusi banner sobat disamakan dengan ukuran resolusi dari widget header blog sobat? Tentunya agar banner yang nanti kita buat akan sesuai letaknya, supaya terlihat rapi dan enak dipandang. Ukuran dari widget banner tiap template tentu berbeda-beda, untuk mengetahui ukuran resolusinya, sobat bisa lakukan uji coba memasang gambar apapun pada widget banner sobat, lalu tandai bagian yang terpotong oleh template, untuk menandainya, sobat bisa ambil screenshot blog sobat bagian atas (letak posisi banner berada) kemudian paste kan hasil screenshot tersebut pada Microsoft Paint, gunakan selection tool untuk menyeleksi bagian foto banner yang terpotong oleh template. Cut dan pastekan hasil seleksi tadi pada lembar kerja baru Microsoft Paint, sesuaikan lagi lembar kerja berwarna putih yang tidak dipergunakan, paskan dengan potongan screenshot banner kita tadi, lalu simpan. Untuk mengecek resolusinya, sobat klik kanan pada gambar yang kita simpan tadi dari microsoft paint, kemudian pilih Properties, maka akan muncul keterangan resolusi dari gambar tersebut. Lanjut ke Picmonkey, pada saat kita klik "Make it!!" tadi, akan muncul lembar kerja baru, namun lembar kerja tersebut belum transparan, maka pada "Basic Edit" > "Canvas Color" centang "Transparent canvas" > "Apply", agar tulisan yang akan kita jadikan banner nantinya terlihat transparan.


Selanjutnya, buka menu "Text/ Tt" > Pilih jenis Font yang sobat sukai,  klik "Add Text" untuk memulai pengeditan teks tersebut, atur warna dan ukuran font tersebut. Jika sobat menginginkan dua warna teks yang berbeda, sobat bisa ikuti langkah seperti pada saat membuat logo favicon diatas, yaitu dengan menambahkan teks baru, kemudian atur sesuai dengan keinginan sobat. 


Jika telah selesai, simpan proyek sobat tersebut kedalam format file .PNG. Lakukanlah uji coba memasangkan banner tersebut pada header widget banner blog sobat, apakah sudah sesuai ukuran dan letaknya dengan template sobat atau belum. Sangat mudah bukan menggunakan layanan edit foto online dari Picmonkey ini, setelah ini mungkin sobat bisa kreasikan kembali logo favicon dan banner blog sobat agar lebih ciamik hasilnya. Selamat mencoba. Jika ada pertanyaan seputar masalah diatas, sobat bisa sampaikan pada kolom komentar yang telah saya sediakan di bawah artikel ini. Jika ada salah kata dari saya, mohon dimaafkan ya sob. Jangan lupa juga untuk subscribe blog ini. Terima Kasih, sampai jumpa di artikel lainnya. 
Baca juga: Cara Mengganti atau Memasang Logo Favicon Pada Blogger

0 comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar sob, dilarang komentar konten pornografi, sara, penipuan, kata kotor, sumpah serapah, dan judi. Terima Kasih